Beranda / berita / Pedoman Penulisan Karya Ilmiah, Soal Konsistensi dan Keseragaman

Pedoman Penulisan Karya Ilmiah, Soal Konsistensi dan Keseragaman

Expert educational crafting for hectic college students. Trust your challenge to industry professionals, pay for groundwork documents, and preserve priceless time. Higher excellent certain advanced writers.

 

f2203ae4-7dc2-4d48-8bd4-678ed2358594IAIN Manado – Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado pada Sabtu (27/07/2019) adakan workshop Peningkatan Kompetensi Dosen. Workshop yang diselenggarakan di ruang Micro Teaching FTIK yang terletak di Gedung Kuliah   Terpadu lantai 1 itu membahas dua materi utama yaitu materi pertama tentang pengembangan penelitian pendidikan Islam dan publikasi ilmiah. Materi kedua yakni teknik penulisan karya tulis ilmiah.

Workshop yang diikuti oleh 35 dosen FTIK itu dibuka secara resmi oleh Dekan FTIK IAIN Manado, Dr. Ardianto, S.Pd., M.Pd. Dalam sambutannya, Ardianto memaparkan konteks dan target pelaksanaan workshop yang menghadirkan narasumber Dr. Muljono Damopolii, M.Ag (UIN Alauddin Makassar). Dikemukakannya bahwa dosen yang juga sebagai pembimbing skripsi harus memiliki wawasan penelitian yang luas dan perspektif metodologi yang beragam sehingga dapat melakukan praktik pembimbingan ataupun pengujian tugas akhir mahasiswa dengan baik.

Ia juga mengungkapkan pentingnya memutakhirkan pedoman penulisan karya ilmiah yang ada agar dapat mengakomodasi beragam perspektif, pendekatan, dan metode penelitian yang ada, termasuk di antaranya ialah penyuntingan naskah dan manajemen referensi berbasis mendeley. “Workshop ini merupakan langkah awal untuk memperbaharui pedoman penulisan tugas akhir yang ada sehingga diharapkan setelah kegiatan ini akan dapat disusun revisi pedoman penulisan tugas akhir khususnya pedoman penulisan tugas akhir FTIK”, harapnya.

Dr. Muljo21cb2ef2-0edf-4f18-adb1-dd10807e606eno Damopolii, M.Ag dalam materi sesi pertama memaparkan pemetaan metodologi penelitian pendidikan (Islam). Pemetaan metodologi penelitian itu sangat dipengaruhi oelh ranah kajian pendidikan Islam, yaitu  pemikiran atau filsafat pendidikan Islam, lembaga pendidikan Islam, dan tokoh pendidikan Islam. “Dari ketiga ranah inilah secara spesifik kemudian dikembangkan beragam tema kajian pendidikan Islam saat ini antara lain (1) Penelitian al-Qur’an dan Hadis tentang Pendidikan Islam, (2) Penelitian Filsafat Pendidikan Islam, (3) Penelitian Sejarah Pendidikan Islam, (4) Penelitian Manajemen Pendidikan Islam, (5) Penelitian Kurikulum Pendidikan Islam, dan (6) Penelitian Aktivitas Pembelajaran dalam Pendidikan Islam”, ungkapnya.

Materi pada sesi kedua yang dilanjutkan usai istrahat siang berfokus 28ba718c-5fd4-4364-bd5b-9f9f30a15667pada teknik penulisan karya tulis ilmiah. Menurutnya,  sangat penting dilakukan reformasi pedoman penulisan karya tulis ilmiah, baik makalah, laporan penelitian maupun skripsi, tesis, dan disertasi agar pedoman yang ada compatible dengan beragam metode penelitian dalam bidang pendidikan dan trend metodologi yang berkembang. Dengan demikian, pedoman yang dirumuskan dapat menjangkau seluruh perpektif metodologi, baik dalam hal penelitian, maupun dalam hal teknik penulisan karya tulis yang ada.

WhatsApp Image 2019-07-27 at 17.07.22Lanjut dikemukakan bahwa karya tulis ilmiah menurutnya harus memenuhi postur struktur seperti yang direpresentasikan oleh postur tubuh manusia. Ia juga menambahkan bahwa pedoman penulisan karya tulis ilmiah ini akan berhubungan langsung dengan penyelenggaraan kegiatan pembimbingan yang semestinya tidak hanya melibatkan interaksi komunikasi verbal saja, melainkan juga aspek-aspek kognitif yang kompleks. Deviasi kognitif antarindividu dalam prosesnya merupakan faktor yang fundamental dimana ini akan menentukan sekaligus membedakan hasil pembimbingan yang ada.

Kegiatan workshop yang dimoderatori oleh Dr. Rivai Bolotio, M.Pd ini diikuti dengan antusias WhatsApp Image 2019-07-27 at 17.07.21oleh seluruh peserta hingga akhir kegiatan. Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, diharapkan Dosen FTIK IAIN Manado dapat memperbaharui wawasan tentang metodologi penelitian dan mengimplementasikan pedoman penulisan karya tulis ilmiah secara seragam dan konsisten.

Liputan: FebriBeu/07/2019
Foto: Irvan/07/2019

 

Would you understand what to incorporate in the Using the net Editor cv? Look at countless On the internet Editor job application illustrations to know the perfect structure, verbs, and typefaces make use of essay writers.

Does one really know what to incorporate in your own Using the net Editor job application? See a huge selection of On the net Editor job application illustrations to find out the best quality structure, verbs, and typefaces to try buy an essay.