Beranda / Uncategorized / RESTORASI FTIK PADA KURIKULUM BERBASIS KKNI N SNPT

RESTORASI FTIK PADA KURIKULUM BERBASIS KKNI N SNPT

nmvbnmvbnv

Restorasi Kurikulum Program Studi , PAI, PGMI, MPI, PGRA. PBI dan PBA Pada Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Manado diredesain karena beberapa faktor : Pertama Transformasi STAIN Manado ke IAIN Manado meniscayakan perubahan software termasuk di antaranya Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan yang sebelumnya adalah Jurusan Tarbiyah STAIN Manado. Transformasi ini merupakan mandat yang meniscayakan perubahan visi, misi, dan tujuan lembaga yang berimplikasi kepada kurikulum, akademik dan kemahasiswaan, sumber daya manusia, finansial dan network. Salah satu implikasi pengembangan mandat ini adalah restorasi kurikulum yang sesuai dengan dengan konteks dan perkembangan zaman. Kedua Bukti keseriusan Program Studi tersebut pada Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan yang dinahkodai  oleh Dekan FTIK Dr. Muhammad Idris, M.Ag. untuk meningkatkan kualitas kurikulum yang antisipatif dan proaktif terhadap tuntutan stakeholders secara berkelanjutan.

Arti penting, Peran dan fungsi kurikulum bagi sebuah institusi pendidikan jelas tergambar dalam Sistem Pendidikan Nasional. Karena Kurikulum merupakan alat krusial dalam merealisasikan program pendidikan. Sehingga gambaran sistem pendidikan sebuah perguruan tinggi dapat terlihat jelas dari kurikulumnya. Selain itu sejalan dengan tuntutan zaman, perkembangan masyarakat, kemajuan ilmu pengetahuan dan tekhnologi dunia pendidikan sudah masuk ke dalam sebuah inovasi. Inovasi dapat berjalan dan mencapai sasarannya jika program pendidikan didesain sesuai dengan kondisi dan tututan zaman. Karena itu merancang kurikulum sebuah prodi dengan memperhatikan masyarakat setempat merupakan hal yang sangat penting bagi sebuah fakultas di perguruan tinggi termasuk Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Manado.

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Manado dalam menyusun kurikulum berpedoman kepada Keputusam Menteri Agama No. 353 tahun 2004 tentang Perguruan Tinggi Agama Islam, dan Penyusunan Kurikulum mengacu KKNI dan SNPT. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan berperan aktif sebagai fasilitator dan motivator dalam penyusunan dan pengembangan kurikulum Program Studi di lingkungan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Manado. Penyusunan dan revisi kurikulum di lingkungan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Manado dalam bentuk penetapan dan perubahan komposisi materi perkuliahan yang terdiri dari matakuliah komponen Nasional, komponen Institut, komponen Fakultas dan komponen Jurusan/Prodi. Adanya perubahan kurikulum ini perlu adanya evaluasi / tinjauan ulang terhadap kompetensi materi perkuliahan agar disesuaikan dengan kebutuhan pasar/ kondisi kekinian. Sekaligus menjembatani antara kebutuhan stakeholders dengan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan sebagai prosedur atau antara kurikulum ideal dengan kurikulum realitas sesuai dengan tuntutan zaman. Tentu Dekan FTIK Berucap Trima kasih Kepada Rektor dan Panitia Pelaksana Implementasi Kurikulum (LPM) Semoga segala karya yang terbaik dan berguna ini, dapat abadi dan membumi sepanjang masa dan jaman. Amiin  (JMN).

 

 
 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

 
 

Leave a Comment